Peran Teknologi Pertanian Dalam Penerapan Sistem Bio-Cyclo Farming Di Kecamatan Canduang (Upaya Transformasi Teknologi dalam Keberlanjutan Pertanian

  • Neswati Neswati Universitas Andalas
  • Fadli Irsyad Universitas Andalas

Abstract

Nagari Bukik Batabuah merupakan salah satu nagari di Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam. Masyarakat di nagari ini bekerja di  sektor pertanian, peternakan and perkebunan. Pada proses kegiatan tersebut menghasilkan sisa (limbah) yang cukup besar dan kalau dibiarkan dapat menimbulkan permasalahan di tengah masyarakat. Permasalahan yang dialami masyarakat tersebut dapat diatasi melalui transformasi teknologi dengan menrapkan sistem bio-cyclo farming. Pelaksanaan program KKN PPM ini bermitra dengan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Bukik Batabuah. Program KKN-PPM ini dilaksanakan dengan metode PRA (Participatory Rural Appraisal) dan kegiatan aksi kepada masyarakat dengan melibatkan mitra. Kegiatan ini juga didukung oleh perantau anak Nagari Bukik Batabuah yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Bukik Batabuah (IKBB), dukungan yang diberikan dalam bentuk bantuan dana untuk melaksanakan program. Kegiatan yang dilakukan:1)Pelatihan dan demonstrasi pembuatan kompos dari kotoran ternak dan limbah pertanian sebagai pupuk untuk tanaman, 2) Pelatihan dan demonstrasi pembuatan pakan ikan, 3) Pelatihan dan demonstarsi pembuatan biogas dari kotoran ternak, 4) Pembuatan damplot integrasi ternak dengan hortikultura Kegiatan KKN-PPM ini diikuti oleh 38 orang mahasiswa yang berasal dari disiplin ilmu yang beragam.Kegiatan yang telah dilakukan adalah pembekalan, pelatihan, dan sosialisasi program kepada masyarakat.

Published
2017-06-07
How to Cite
(1)
Neswati, N.; Irsyad, F. Peran Teknologi Pertanian Dalam Penerapan Sistem Bio-Cyclo Farming Di Kecamatan Canduang (Upaya Transformasi Teknologi Dalam Keberlanjutan Pertanian. Warta Pengabdian Andalas 2017, 24.