DIVERSIFIKASI SUSU KERBAU DI KABUPATEN SIJUNJUNG

  • Ely vebriyanti Universitas Andalas
  • Lendrawati Lendrawati Universitas Andalas
Keywords: Sijunjung, diversifikasi susu, kerbau, dadih

Abstract

Kabupaten Sijunjung dengan wilayah berbukit dan bergelombang dapat dijadikan salah satu sentral produksi susu kerbau dan dadih di Sumatera Barat. Kegiatan IbM diversifikasi susu kerbau dilaksanakan dengan mitra kelompok tani Durian Sakek dan Buluah Dadiah, dimana  pola pemeliharaan ternak kerbau masih bersifat tradisionil tanpa memperhatikan manajemen pemeliharaan terutama dalam pemberian makanan. Akibatnya, produksi susu rendah dan dadih yang dihasilkan sedikit, padahal permintaan masyarakat terhadap dadih cukup tinggi, namun tidak dapat dipenuhi. Inovasi teknologi pakan suplemen dan teknologi fermentasi susu belum pernah diterapkan di Kab. Sijunjung ini.

Penggunaan daun ketela pohon dalam pakan suplemen untuk ternak kerbau memiliki keunggulan sebagai sumber protein. Aplikasi teknologi pakan suplemen dengan memanfaatkan daun ketela pohon belum pernah dilakukan pada ternak kerbau yang dipelihara di Sumatera Barat. Teknologi pakan suplemen dalam bentuk pellet ini diharapkan dapat meningkatkan status nutrisi, performans produksi dan reproduksi serta status kesehatan ternak. Adapun untuk meningkatkan citara rasa susu kerbau sehingga lebih disukai oleh masyarakat adalah dengan diversifikasi/mengolah susu kerbau segar menjadi yoghurt / susu fermentasi/ dadih dan keju. 

 IbM Diversifikasi Susu kerbau  di Kab. Sijunjung bertujuan untuk mengembangkan kelompok ternak kerbau Lumpur dengan memberikan pengetahuan  untuk memantapkan kegiatan usaha berupa inovasi teknologi pakan suplemen dan diversifikasi susu kerbau untuk mendapatkan hasil yang optimal guna meningkatkan pendapatan peternak. Target kuhsus yang diharapkan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan swadaya masyarakat dalam  usaha peternakan (pengadaan pakan hijauan dan pakan suplemen) yang berbasis berbiomass lokal yang  banyak tersedia dan mudah diperoleh di lokasi pedesaan serta diversifikasi susu kerbau menjadi dadih, yoghur dan keju. Metode pendekatan yang dilakukan adalah penyuluhan dan percontohan merupakan cara yang paling tepat dalam memberikan pengetahuan kepada peternak.  Untuk memantapkan pelaksanaan kegiatan dan hasil penyuluhan dengan menyiapkan makalah/brosur tentang teknologi pakan supplemen, manajemen pemberian pakan yang disesuaikan dengan kondisi setempat dan pembuatan susu fermentasi/yoghurt dan keju. Untuk lebih memantapkan kegiatan ini selalu diadakan diskusi dan konsultasi baik pada saat kegiatan penyuluhan, pelatihan dan pembinaan. Untuk evaluasi kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga  (3) tahap yaitu sebelum kegiatan dimulai, pada saat kegiatan berjalan dan setelah kegiatan dilakukan. 

 Penerimaan masyarakat terhadap produk pakan suplemen dan es krim dadih sangat baik. Pakan suplemen dapat meningkatkan produksi susu kerbau sehingga permintaan konsumen dapat dipenuhi. Sementara produk es krim dadih mempunyai daya jual yang cukup tinggi  bahkan sampai dikalangan anak sekolah dasar. Dengan demikian pendapatan masyarakatpun ikut meningkat.

Published
2017-09-04
How to Cite
(1)
vebriyanti, E.; Lendrawati, L. DIVERSIFIKASI SUSU KERBAU DI KABUPATEN SIJUNJUNG. Warta Pengabdian Andalas 2017, 24, 76-89.