PEMBUATAN BIOPESTISIDA SEDERHANA DARI TUMBUHAN LOKAL UNTUK MENGURANGI DAMPAK PEMAKAIAN PESTISIDA SINTETIK DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SUMATERA BARAT

  • Resti Rahayu Universitas Andalas
  • Nasril Nasir Universitas Andalas
Keywords: ramah lingkungan, biopestisida, pestisida sintetik, metabolit sekunder

Abstract

Tujuan program ini adalah alih teknologi pembuatan biopestisida sederhana yang langsung dapat diaplikasi oleh mitra atau kelompok tani sasaran atau dengan kata lain membuat biopestisida dari tanaman yang mudah didapat lingkungan masyarakat, dibuat dan diaplikasikan sendiri oleh masyarakat/petani). Yang menjadi sasaran dalam program ini adalah masyarakat yang cenderung tinggi pemakaian insektisida sintetiknya seperti di daerah sentra pertanian di Sumatera Barat. Karena tujuan dari program ini juga untuk pengurangan pemakaian insektisida sintetik, jadi tidak tertutup kemungkinan pelaksanaan program ini akan dilakukan pada kelompok masyarakat yang mempunyai kesadaran yang tinggi akan bahaya pestisida sintetik dan punya keinginan yang kuat untuk memperbaiki lingkungan, yang bersih dan sehat bebas pestisida dan sekolah-sekolah di Sumareta Barat. Untuk sementara waktu yang menjadi mitra pada program ini adalah Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang bergerak dibidang pertanian dan Kelompok Tani Bungo Tanjung kelompok Mandiri masyarakat di Kelurahan Kubu Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat, Payakumbuh, Sumatera Barat yang sebelumnya secara langsung meminta untuk dibina membuat pestisida ramah lingkungan. Target yang diharapkan setelah program ini adalah, dengan adanya pemanfaatan tanaman lokal sebagai biopestisida akan mampu menekan biaya produksi pertanian yang berdampak kepada peningkatkan pendapatan petani, akan menekan penggunaan pestisida sintetik dan penyelamatan lingkungan, serta meningkatkan nilai ekonomis tanaman dan nantinya akan menjadi sumber pendapatan baru bagi petani/masyarakat yang menjadikan usaha mandiri. Target khusus/jangka pendek yang ingin dicapai setelah program ini adalah: 1). mitra sasaran mampu secara mandiri membuat biopestisida dengan memanfaatkan tumbuhan lokal yang ada disekitarnya  dan mengaplikasikan langsung ke lahan pertaniannya. 2) Biaya produksi pertanian turun yang berdampak kepada peningkatan pendapatan petani. Metode yang dipakai untuk mencapai target dalam program ini adalah: ceramah, praktek, dan pembinaaan. Materi diantaranya memperkenalkan tentang biopestisida dan beberapa tanaman yang dapat dijadikan sebagai sumber biopestisida dan dampak pemakaian pestisida sintetik dalam jangka waktu lama dan beberapa kasus resistensi, 2). Kemudian praktek langsung cara pembuatan biopestisida dan pengaplikasiannya. Kegiatan ini akan dilakukan selama delapan bulan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: persiapan (koordinasi dengan kedua mitra dan instansi  terkait yang membantu) pelaksanaan meliputi sosialisasi tentang pelatihan dan pembuatan biopestisida, praktek pembuatan biopestisida, pembinaan dengan kegiatan pendampingan aplikasi langsung di lapangan.

Published
2017-09-04
How to Cite
(1)
Rahayu, R.; Nasir, N. PEMBUATAN BIOPESTISIDA SEDERHANA DARI TUMBUHAN LOKAL UNTUK MENGURANGI DAMPAK PEMAKAIAN PESTISIDA SINTETIK DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SUMATERA BARAT. Warta Pengabdian Andalas 2017, 24, 90-105.