PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA TANAMAN UBI-UBIAN DENGAN APLIKASI KOMPOS LIMBAH PERTANIAN DAN TEKNOLOGI PENGOLAHANNYA

  • Warnita Warnita Universitas Andalas
  • Nalwida Rozen Universitas Andalas
  • Aisman Aisman Universitas Andalas
Keywords: teknologi, limbah pertanian, kompos, produk olahan, ubi-ubian

Abstract

Kelurahan Balai Gadang merupakan daerah yang potensial untuk pengembangan tanaman ubi-ubian.Tanaman ubi-ubian (ubi kayu dan ubi jalar) merupakan sumber pangan potensial yang banyak digunakan digunakan masyarakat.  Permintaan   terhadap ubi-ubian dalam jumlah banyak dan terus meningkat setiap tahun. Oleh karena itu perlu peningkatan produktivitasnya. Tujuan dari KKN-PPM ini adalah untuk mendorong empati mahasiswa, dan dapat memberikan sumbangsih bagi penyelesaian persoalan yang ada di masyarakat dengan mengaplikasikan hasil-hasil penelitan untuk meningkatkan hasil ubi-ubian (ubi kayu dan ubi jalar). Metode yang diterapkan melalui pendekatan terhadap masyarakat petani, pemuka masyarakat dan kelompok pengolah hasil dengan menumbuhkan dan memotivasi kelompok tani sehingga program KKN – PPM ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.  Kegiatan yang dilakukan adalah : 1) penyuluhan, 2) pelatihan dan 3) demontrasi/ percontohan aplikasi kompos pada budidaya ubi jalar dan ubi kayu di lahan petani 4)  pembuatan aneka produk olahan ubi kayu dan 5) Pengemasan produk. Hasil yang dicapai dari kegiatan program KKN-PPM ini adalah : 1) Meningkatnya kepedulian dan empati mahasiswa terhadap permasalahan ekonomi, sosial dan budaya sehingga dapat meningkatkan pendapatan warga masyarakat; 2) Terjadinya kemitraan antar mahasiswa yang memiliki berbagai keterampilan dan teknologi sehingga dapat terwujud kerjasama yang baik untuk memberdayakan masyarakat dalam budidaya ubi-ubian  dan pengolahannya; 3. meningkatnya pengetahuan dan teknologi di kalangan masyarakat pembudidaya dan pengolah ubi-ubian serta perbaikan kemasan sehingga dapat meningkatkan daya jual. 4. Adanya respon positif yang diberikan warga masyarakat berupa partisipasi aktif dan antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir pelaksanaan.

Published
2017-03-06
How to Cite
(1)
Warnita, W.; Rozen, N.; Aisman, A. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA TANAMAN UBI-UBIAN DENGAN APLIKASI KOMPOS LIMBAH PERTANIAN DAN TEKNOLOGI PENGOLAHANNYA. Warta Pengabdian Andalas 2017, 24, 86-100.