Ipteks Bagi Masyarakat Kelompok Tani Plasma Kabupaten Pasaman Barat Untuk Pengembangan Jagung Secara Intensif Di Lahan Sawit Replanting

  • Dewi Hayati Universitas Andalas
  • Nur Afni Evalia Universitas Andalas
  • Teguh Budi Prasetyo Universitas Andalas

Abstract

Penerapan ipteks yang dilakukan pada kegiatan pengabdian pada masyarakat dari  Fakultas  Pertanian  tahun  2016  menggunakan beberapa  metode  antara lain penyuluhan dan diskusi, demonstrasi dan aplikasi alat/mesin pertanian, demplot, pendampingan dan evaluasi/monitoring. Hingga saat ini semua kegiatan penyuluhan telah  dilakukan.  Demplot  saat  ini  sedang  berada  dalam  masa  pengeringan menunggu waktu panen, sedangkan transfer teknologi berupa alat mesin pertanian diberikan   dalam   bentuk   alat   tanam   jagung   dan   mesin   pemipil   jagung. Pendampingan pemasaran juga dilakukan dengan menghubungkan kelompok tani dengan  konsumen industri pakan  ternak  di  kabupaten  Lima  Puluh  Kota.  Hasil demplot tanaman jagung di lahan sawit replanting dengan menggunakan alat tanam jagung, mesin pemipil dan mesin penebas batang jagung berhasil menurunkan biaya produksi dan pasca panen hingga sebesar Rp. 1.214.532 per ha.

Published
2017-06-07
How to Cite
(1)
Hayati, D.; Evalia, N.; Prasetyo, T. Ipteks Bagi Masyarakat Kelompok Tani Plasma Kabupaten Pasaman Barat Untuk Pengembangan Jagung Secara Intensif Di Lahan Sawit Replanting. Warta Pengabdian Andalas 2017, 24.