Peningkatan Kemampuan Promosi Dan Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Karang Putih Melalui Pengembangan Website Berbasis Open Source

  • Heru Dibyo Laksono Universitas Andalas
  • Mumuh Muharram Universitas Andalas
  • Fitrilina Fitrilina Universitas Andalas
  • Ardhian Agung Yulianto Universitas Andalas

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) sebagai media promosi dan komunikasi di Indonesia masih kurang berkembang. Kondisi ini memberi peluang kepada masyarakat untuk lebih memanfaatkan teknologi ini terutama di sektor pendidikan baik formal maupun nonformal. Hal ini memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan aktifitas pendidikan di berbagai negara. Pengunaan teknologi teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) terutama teknologi internet merupakan cara yang inovatif dalam melaksanakan berbagai program pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi internet, lembaga pendidikan formal dan nonformal dapat melakukan berbagai kegiatan secara elektronik seperti media forum, email, mailing list dan berbagai aktifitas lainnya. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Karang Putih merupakan salah satu wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat yang bersifat nonformal. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Karang Putih dibentuk dengan tujuan untuk memperluas kesempatan warga masyarakat khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja mencari nafkah. Agar masyarakat luas mengetahui tentang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) pada umumnya dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Karang Putih khususnya maka dikembagkanlah suatu webiste. Website ini nantinya dapat digunakan sebagai media promosi dan komunikasi bagi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Karang Putih.

Published
2016-06-06
How to Cite
(1)
Laksono, H.; Muharram, M.; Fitrilina, F.; Yulianto, A. Peningkatan Kemampuan Promosi Dan Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Karang Putih Melalui Pengembangan Website Berbasis Open Source. Warta Pengabdian Andalas 2016, 23, 7.