Penguatan Industri Pangan Lokal dengan Perbaikan Fasilitas Produksi dan Kemasan untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kemampuan Bersaing

  • Rini Hakimi Universitas Andalas
  • Daddy Budiman Universitas Andalas
  • Syahyana Raesi Universitas Andalas

Abstract

usaha lele asap Sinagri dan usaha lele asap Harsa Agri.

Pembinaan dan pendampingan aspek produksi dilakukan dengan memperbaiki tata letak fasilitas/peralatan produksi di ruangan produksi yang disertai dengan pengadaan peralatan produksi berupa alat pengering yang dapat berfungsi juga sebagai pengasap, bak pencucian lele, freezer (lemari pendingin), baskom, sendok penjepit dan sealer. Perbaikan tata letak peralatan belum optimal karena keterbatasan ruangan produksi. Kegiatan pembinaan dan pendampingan aspek produksi yang disertai dengan pengadaan peralatan ini telah mampu meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan produktivitas usaha menjadi 150-180%. Pembinaan dan pendampingan aspek pemasaran melalui perbaikan kemasan yang disertai dengan pembuatan label telah dapat meningkatkan kualitas produk dan memperluas lokasi pemasaran ke beberapa toko, bahkan sudah mencoba untuk memasarkan  ke  luar  provinsi  Sumatera  Barat.  Pembinaan  dan  pendampingan terkait  manajemen  usaha  telah  memberikan  pengetahuan  tentang  perencanaan usaha, mengorganisasikan tenaga kerja, melakukan pencatatan keuangan serta diversifikasi produk.  Evaluasi dari kegiatan memperlihatkan bahwa produktivitas usaha mitra meningkat dengan kualitas yang lebih baik dan lokasi pemasaran yang lebih  luas.  Namun  belum  seluruh  aktivitas  transaksi  usaha  yang  dicatat  oleh industri.

Published
2017-06-07
How to Cite
(1)
Hakimi, R.; Budiman, D.; Raesi, S. Penguatan Industri Pangan Lokal Dengan Perbaikan Fasilitas Produksi Dan Kemasan Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Kemampuan Bersaing. Warta Pengabdian Andalas 2017, 24.