PENGGERAKAN MASYARAKAT UNTUK PENDETEKSIAN DINI ANEMIA DAN PEMBERIAN OBAT PADA REMAJA DI PERGURUAN ISLAM AR RISALAH KOTA PADANG

  • Masrizal Masrizal Universitas Andalas
  • Dien Gusta Anggraini Nursal Universitas Andalas
  • Fivi Melva Diana Universitas Andalas
Keywords: pesantren, remaja, skrinning, anemia, gizi

Abstract

Anemia gizi merupakan salah satu dari empat masalah gizi di Indonesia yang disebabkan oleh kekurangan zat gizi besi yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, sehingga mengakibatkan kadar hemoglobin menjadi rendah. Secara umum tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan Pesantren Ar-Risalah Padang sebagai mitra ini yaitu meningkatnya tingkat pengetahuan siswa/siswi tentang anemia, mengetahui faktor-faktor yang berisiko menyebabkan anemia, dan mengetahui ciri-ciri fisik atau gejala anemia sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan secara dini dalam pencegahan anemia yang didapatkan dari kegiatan penyuluhan sebagai media KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi). Siswi mendapatkan pemeriksaan fisik, seperti pemeriksaan IMT, pemeriksaan kadar Hb, pemeriksaan gol. Darah, dan food recall (konsumsi Protein, Fe dan vit. C). Selanjutnya, bagi siswa/siswi yang terkena anemia akan mendapatkan pengobatan dengan pemberian tablet Fe plus buah-buahan (pisang atau jeruk). Hasil yang didapatkan dalam segi pengetahuan sikap dan perilaku adalah terjadi peningkatan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan remaja putra dan putri di Pesantren Ar-Risalah. Keadan IMT remaja tergolong normal yaitu terletak antara 18,5 untuk putra dan 21,5 untuk putri. Keadaan Haemanglobin (Hb) tergolong dibawah Normal untuk remaja ptri yakni 10,9 (gr/dl). Ketika pemeriksaan Hb juga ditemukan pada remaja putra yang Hb nya tidak bias di baca. Artinya itu sangat jauh dibawah normal, sekitar <6 gr/dl. Dari hasil tersebut diharapkan kepada klinik kesehatan di Pesantren Ar-Risalah Kota Padang agar terus memantau secara berkala status gizi khususnya anemia di Sekolah Ar-Risalah dan lakukan kegiatan Surveilans yang berkelanjutan.

Published
2017-09-04
How to Cite
(1)
Masrizal, M.; Nursal, D.; Diana, F. PENGGERAKAN MASYARAKAT UNTUK PENDETEKSIAN DINI ANEMIA DAN PEMBERIAN OBAT PADA REMAJA DI PERGURUAN ISLAM AR RISALAH KOTA PADANG. Warta Pengabdian Andalas 2017, 24, 19-34.