Ipteks Bagi Masyarakat Kelompok Tani 4 Sajarek dan Kelompok Tani Rahmat Illahi Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman: Introduksi Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Menjadi Asap Cair

  • Anwar Kasim Universitas Andalas
  • Wahyudi David Universitas Andalas
  • Deivy Andhika Permata Universitas Andalas
  • Fitriani Kasim Universitas Andalas

Abstract

Limbah hasil pertanian tempurung kelapa merupakan hasil pertanian by product dari produksi kelapa dan kopra. Limbah tempurung kelapa memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan sebagai penghasil asap cair. Asap cair merupakan hasil proses pirolisasi bahan berkayu yang bernilai ekonomis tinggi. Proses pirolisis ini membutuhkan teknologi dan pengetahuan untuk menghasilkan kualitas yang baik. Kegiatan IbM pada kelompok Tani 4 Sajarek dan Kelompok Tani Rahmat Ilahi Kecamatan VII Koto Sungai Sarik Kabupten Padang Pariaman memberikan gambaran alih teknologi pembuatan asap cair. Kuisioner telah dibagikan sesaat kepada anggota kelompok tani sebelum dan sesudah introduksi. Hasil yang didapatkan, hampir semua kelompok tani tertarik dan mengerti cara pengolahan dan kegunaan asap cair. Dari hasil kegiatan ini, kelompok tani optimis bisa menjalankan kegiatan setelah tanpa adanya pendampingan lagi dari Universitas Andalas.

 Kata Kunci: Ipteks Bagi Masyrarakat, Asap Cair, Pemanfaatan Limbah Pertanian

Published
2016-09-07
How to Cite
(1)
Kasim, A.; David, W.; Permata, D.; Kasim, F. Ipteks Bagi Masyarakat Kelompok Tani 4 Sajarek Dan Kelompok Tani Rahmat Illahi Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman: Introduksi Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Menjadi Asap Cair. Warta Pengabdian Andalas 2016, 23, 9.