Upaya Peningkatan Pemahaman Partikel Kakujoshi Bagi Pembelajar Bahasa Jepang Tingkat SLTA Di Kota Padang Panjang

  • Lady Diana Yusri Yusri Universitas Andalas
  • Idrus Idrus Universitas Andalas
  • Rahtu Nila Sepni Universitas Andalas

Abstract

Pengajaran bahasa Jepang di Kota Padang Panjang semakin berkembang. Hal ini terbukti banyaknya sekolah yang mengajarkan bahasa Jepang. Pada umumnya pembelajaran tata bahasa Jepang di sekolah berhubungan pola kalimat dalam bahasa Jepang. Salah satu penentu dari pola kalimat tersebut adalah partikel karena sangat menentukan makna sebuah kalimat. Jumlah partikel yang cukup banyak membuat pembelajar harus lebih tekun dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan pemahaman partikel dalam bahasa Jepang.

            Pengabdian masyarakat ini, dilakukan dengan cara melakukan observasi terhadap guru bahasa Jepang dan buku teks yang digunakan, melakukan pelatihan pengajaran yaitu dengan penyuluhan, diskusi, dan latihan. Penyuluhan mengenai kakujoshi dilakukan oleh Ibu Lady Diana Yusri,S.S., M.Hum., dosen tetap di Jurusan Sastra Jepang Universitas Andalas. Selain itu, pembelajar bahasa Jepang juga diberikan pengetahuan kejepangan seperti pakaian tradisional Jepang dan seni melipat kertas oleh Bapak Idrus, S.S., dan Ibu Rahtu Nila Sepni, S.S., M.Hum. Peningkatan kemampuan pembelajar bahasa Jepang sehubungan dengan kakujoshi sangatlah dibutuhkan. Hal ini berhubungan dengan motivasi pembelajar untuk terus mempelajari bahasa Jepang.

 

Kata kunci: kakujoshi, bahasa Jepang, pengabdian

Published
2016-09-07
How to Cite
(1)
Yusri, L.; Idrus, I.; Sepni, R. Upaya Peningkatan Pemahaman Partikel Kakujoshi Bagi Pembelajar Bahasa Jepang Tingkat SLTA Di Kota Padang Panjang. Warta Pengabdian Andalas 2016, 23, 20.