Soasialisasi SBMPTN dan Praktek Pembahasan Soal-Soal SBMPTN Bidang Biologi pada SMA N 15 Padang

  • Mildawati Mildawati Universitas Andalas
  • Mansyurdin Mansyurdin Universitas Andalas
  • Ardinis Arbain Universitas Andalas
  • Jabang Nurdin Universitas Andalas
  • Solfiyeni Solfiyeni Universitas Andalas

Abstract

Salah satu cara bagi para pelajar kelas XII untuk menduduki bangku di perguruan tinggi adalah dengan mengikuti ujian masuk bersama yang dikenal dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang diadakan serentak se-Indonesia. Tingginya tingkat persaingan yang dihadapi pelajar dan tingkat kesulitan soal yang cukup tinggi membuat para siswa sangat membutuhkan peran dari universitas dalam mengarahkan dan memperkenalkan langsung para siswa kelas XII terhadap pola-pola penerimaan mahasiswa baru. Berdasarkan realita tersebut maka para pelajar sangat memerlukan bimbingan dalam mengenal dan mempelajari dengan cara seksama soal-soal yang ada di SBMPTN. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu ceramah langsung dan praktek di dalam kelas tentang analisa dan bahasan dari soal-soal SBMPTN tersebut. Dari hasil penemuan dilapangan maka didapatkan antusiasme siswa yang sangat tinggi tentang keinginannya untuk mengetahui pola-pola penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang mereka lemparkan dan rasa ingin tahu yang cukup tinggi tentang pola dan pembahasan dari soal-soal SBMPTN khususnya bidang Biologi.

Published
2016-03-08
How to Cite
(1)
Mildawati, M.; Mansyurdin, M.; Arbain, A.; Nurdin, J.; Solfiyeni, S. Soasialisasi SBMPTN Dan Praktek Pembahasan Soal-Soal SBMPTN Bidang Biologi Pada SMA N 15 Padang. Warta Pengabdian Andalas 2016, 23, 11.