Pelatihan Penerapan Penggunaan EYD Untuk Guru-guru SD Di Kecamatan Pauh Kota Padang

  • Zuriati Zuriati Universitas Andalas
  • Leni Syafyahya Universitas Andalas
  • Armini Arbain Arbain Universitas Andalas
  • Alek Darmawan Universitas Andalas
  • Ronidin Ronidin Universitas Andalas

Abstract

Ada kalanya seorang penulis mengalami keraguan dalam menulis; apakah ia akan menggunakan huruf kapital (huruf besar) atau kecil, huruf miring atau bukan. Misalnya dalam penulisan nama tempat/geografi,  ada penulis yang mengalami keraguan apakah kata danau pada danau singkarak atau kata selat pada selat sunda huruf pertamanya ditulis besar atau kecil. Lalu ada pula pertanyaan apa beda kata kunci inggris yang ditulis semuanya dengan huruf kecil dengan kata asinan Bogor yang ditulis dengan membubuhi huruf kapital pada nama tempatnya. Pada sisi yang lain banyak pula pengguna bahasa yang bimbang dalam menulis akronim; apakah semuanya ditulis kapital atau hanya huruf awalnya saja yang capital atau bahkan semuanya ditulis dengan huruf kecil.

Oleh karena itu, pentinglah dilakukan pelatihan penerpan penggunaan EYD pada masyarakat khususnya guru-guru SD di Kecamatan Pauh Padang.  Pelaksanaan pelatihan penerpan penggunaan EYD ini termasuk salah satu perhatian masyarakat akademik seperti Universitas Andalas dalam menerapkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk kegiatan pengabdian ini ialah dengan menggadakan pelatihan penerapan penggunaan EYD.

Setelah pelatihan dan penerapan EYD  untuk guru-guru SD , ada beberapa simpulan yang dapat dikumpulkan. Simpulan itu adalah sebagai berikut:1. Guru-guru SD  Kecamatan Pauh Kota Padang menyadari pentingnya  kemampuana dalam pemahaman ejaan. 2. Guru-guru SD  Kecamatan Pauh Kota Padang menyadari kekurangperhatian dalam penulisan yang benar terutama dlam penulisan ilmiah.3. Guru-guru SD  Kecamatan Pauh Kota Padang berharap kami kembali lagi melakukan pengabdian kepada mereka.

Published
2016-03-08
How to Cite
(1)
Zuriati, Z.; Syafyahya, L.; Arbain, A. A.; Darmawan, A.; Ronidin, R. Pelatihan Penerapan Penggunaan EYD Untuk Guru-Guru SD Di Kecamatan Pauh Kota Padang. Warta Pengabdian Andalas 2016, 23, 10.