Pemberdayaan Agroindustri Unggulan Daerah Dengan Diversifikasi Produk Dan Sertifikasi Halal Pada Mitra Kerupuk Kamang

  • Lora Triana Universitas Andalas
  • Zelfi Zakir Universitas Andalas
  • Cipta Budiman Universitas Andalas

Abstract

Salah satu UMKM yang berkembang di Kabupaten Agam adalah agroindustri kerupuk kamang. Kerupuk kamang merupakan salah satu makanan ringan tradisional khas Minangkabau. Sesuai  namanya,  kerupuk  kamang berasal  dari  Desa  Kamang,  Bukittinggi,  Sumatera  Barat.

 

Kerupuk ini bentuknya bulat tipis, berwarna putih dan dijual dalam kondisi mentah atau belum digoreng. Ciri khas kerupuk kamang ini terletak pada bentuknya dan rasa bawang pada kerupuk tersebut.

Usaha kerupuk kamang sangat berkembang. Ini terlihat dari dari banyaknya daerah di sekitar Nagari Kamang yang memproduksi kerupuk ini, seperti Nagari Magek dan Baso. Ini artinya, kerupuk ini semakin lama semakin dikenal dan disukai masyarakat.

Khusus untuk Desa Magek, pihak mitra mengatakan bahwa kerupuk kamang yang dihasilkan di Desa Magek memiliki ciri khas yang berbeda. Pada umumnya, kerupuk kamang yang dihasilkan di Desa Magek lebih tipis dibandingkan kerupuk kamang dari Desa Kamang itu sendiri. Setelah digoreng, kerupuk yang tipis akan menghasilkan kerupuk yang lebih renyah. Berdasarkan adanya ciri khas kerupuk kamang dari Desa Magek ini, maka produsen kerupuk kamang yang dijadikan mitra dalam program Iptek Bagi Masyarakat ini adalah produsen yang berada  di  Desa  Magek  yang  memproduksi  kerupuk  kamang  tipis.  Karena  mereka  telah melakukan inovasi dalam sebuah produk, maka mitra layak untuk dibina.

Published
2017-06-07
How to Cite
(1)
Triana, L.; Zakir, Z.; Budiman, C. Pemberdayaan Agroindustri Unggulan Daerah Dengan Diversifikasi Produk Dan Sertifikasi Halal Pada Mitra Kerupuk Kamang. Warta Pengabdian Andalas 2017, 24, 37-51.