Penapisan Isolat Rizobakteria dari Perakaran Tanaman Kentang Yang Sehat Untuk Pengendalian Penyakit Layu Bakteri (Ralstonia solanacearum) di Kabupaten Solok

  • Yulmira Yanti Universitas Andalas
  • Munzir Busniah Universitas Andalas
  • Auzar Syarief Universitas Andalas

Abstract

Rizobakteria  pemacu  pertumbuhan  tanaman  merupakan  kelompok  bakteri  yang  aktif mengkolonisasi  prakaran  tanaman  dan  meningkatkan  pertumbuhan,  hasil  tanaman  serta mampu mengendalikan pathogen. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh isolat rizobakteria yang mampu mengendalikan penyakit layu bakteri dan meningkatkan pertumbuhan dan hasil kentang. Metode penelitian berdasarkan pada penapisan secara in planta rizobakteria dari tanah perakaran tanaman kentang yang sehat dari daerah endemik penyakit layu bakteri di Kab. Solok, Sumatera Barat. Isolat  bakteri  rizobakteria  yang  dikarakterisasi  yang  mampu  menekan  penyakit  latu  bakteri  dan meningkatkan pertumbuhan serta hasil umbi. Pemakaian teknik ini memungkinkan untuk menemukan agens hayati yang baru, lebih mudah dan murah. sepuluh isolat bakteri rizobakteri diintroduksi pada benih kentang (108 cfu/ml). Peubah yang diamati adalah insidensi dan severitas penyakit layu bakteri, pertumbuhan dan hasil pada umbi kentang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 isolat bakteri rizobakteri dari perakaran kentang (BT12Rz2.1 dan TD4Rz1.1) merupakan isolat terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil umbi kentang dengan efektivitas 20,62% dan 20,47%.

Published
2018-07-11
How to Cite
(1)
Yanti, Y.; Busniah, M.; Syarief, A. Penapisan Isolat Rizobakteria Dari Perakaran Tanaman Kentang Yang Sehat Untuk Pengendalian Penyakit Layu Bakteri (Ralstonia Solanacearum) Di Kabupaten Solok. Warta Pengabdian Andalas 2018, 24, 50-53.