IPTEKS BAGI MASYARAKAT PADA KELOMPOK PETERNAK AYAM KUKUAK BALENGGEK, PLASMA NUTFAH ASAL SUMATERA BARAT DI DERAH INSITU DAN EXSITU

  • Husmaini Husmaini Universitas Andalas
  • Firda Arlina Universitas Andalas
  • Endang Purwati Universitas Andalas
Keywords: kinerja kelompok peternak, ayam kukuk balengek, produktivitas, pendapatan

Abstract

Kegiatan Program IbM ini dilaksanakan pada dua kelompok ternak Ayam Kukuak Balenggek (AKB) di daerah insitu di Kenagarian Rangkian Luluih Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok dan DI daerah exsitu pada Kelompok Peternak AKB Kinantan Bagombak di Ampang Kualo Kota Solok. Khalayak sasaran program IbM adalah masyarakat peternak AKB dan masyarakat yang berminat untuk menjadi peternak AKB baik di daerah insitu  maupun exsitu..

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan paket teknologi song learning, perbaikan sistem perkawinan inbreeding terkendali dan manajemen pemeliharaan khususnya pemberian creep feeding pada periode anak (starting period) demi meningkatkan produktifitas, mengurangi angka kematian dan pelestarian AKB. Teknologi untuk memproduksi pakan ayam yang diberikan  berbasis pakan lokal dan sumber protein yang murah dan mudah dijangkau sebagai pengganti pakan komersial. Muara akhir dari kegiatan ini adalah peningkatan populasi AKB yang berkualitas dan penyediaan bibit AKB di daerah insitu  dan exsitu, peningkatan produktifitas, dan efisiensi biaya pakan dalam rangka pengembangan dan pelestarian plasma nutfah Ayam Kukuak Balenggek di Kelompok Peternak AKB di Kanagarian Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok (insitu) dan di kelompok peternak AKB Kinantan Bagombak di Kota Solok (eksitu).

Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini yaitu penyuluhan,peragaan, pelatihan, pembinaan dan pemberian paket teknologi, sekaligus pengamatan dan evaluasi dan pengambilan data untuk mengukur parameter keberhasilan dari program yang dijalankan.

Published
2017-03-06
How to Cite
(1)
Husmaini, H.; Arlina, F.; Purwati, E. IPTEKS BAGI MASYARAKAT PADA KELOMPOK PETERNAK AYAM KUKUAK BALENGGEK, PLASMA NUTFAH ASAL SUMATERA BARAT DI DERAH INSITU DAN EXSITU. Warta Pengabdian Andalas 2017, 24, 1-8.