Ipteks bagi Masyarakat Kelompok Peternak Itik Lokal Parit Mudiak dan Baliang Bukik Sakato di Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar

  • Sabrina Sabrina Universitas Andalas
  • Husmaini Husmaini Universitas Andalas
  • Endang Purwati Purwati Universitas Andalas

Abstract

Kegiatan Program IbM ini dilaksanakan pada dua kelompok ternak itik lokal, khususnya itik Pitalah, plasma nutfah Sumatera Barat di daerah asal itik tersebut yaitu di Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat . Kelompok mitra kegiatan IbM ini adalah Kelompok peternak Parit Mudiak dan Kelompok peternak Baliang Sakato. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan alih teknologi pada kedua kelompok ini dalam bentuk kolaborasi yang saling terintegrasi. Kelompok Parit Mudiak adalah kelompok yang beraktifitas sebagai pembibit itik lokal yang menghasilkan anak itik. Budidaya hanya dilakukan pada itik induk, penghasil telur tetas saja. Hampir semua anak itik dijual padahal lahan mereka tersedia dan permintaan terhadap itik pedaging belum terpenuhi. Harga anak itik jantan (Rp. 3000 – 3.500/ ekor) dan betina (Rp. 8.000 – 9.000/ekor) jauh berbeda. Pada kelompok ini dilakukan alih teknologi untuk menghasilkan itik pedaging (untuk itik jantan) yang rendah kolesterol melalui pemberian probiotik. Pemberian pakan untuk itik pembesaran dilakukan berbasis pakan lokal yang banyak terdapat disekeliling peternak. Kelompok Baling Bukik Sakato juga merupakan kelompok tani yang juga beternak itik, Selain itu kelompok ini aktif dalam diversifikasi produk pangan antara lain menghasilkan telur asin dan ampiang. Untuk telur asin, biasanya kelompok ini juga memanfaatkan telur sortiran dari   Kelompok Parit Mudiak, sedangkan antuk menghasilkan ampiang, biasanya diambil dari anggota kelompok itu sendiri. Kegiatan alih teknologi  yang akan diberikan pada kelompok Baliang Bukik Sakato adalah pengolahan itik dan telur yang dihasilkan oleh Kelompok Parit  Mudiak.  Telur  asin  dilanjutkan,  sedangkan  daging  itik  akan  diolah  menjadi rendang  suir  dan  rendang  itik  yang  dikemas  dalam  kemasan  aluminium  foil  dan divacum yang bernilai dijual dan tahan lebih lama.   Muara akhir dari kegiatan ini adalah pengembangan dan pelestarian plasma nutfah itik Pitalah sekaligus peningkatan pendapatan kelompok Ternak di  Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini yaitu penyuluhan, Pelatihan, Pembinaan dan pemberian paket teknologi, sekaligus pengamatan dan pengambilan data untuk mengukur parameter keberhasilan dari program yang dijalankan.

Published
2018-07-11
How to Cite
(1)
Sabrina, S.; Husmaini, H.; Purwati, E. P. Ipteks Bagi Masyarakat Kelompok Peternak Itik Lokal Parit Mudiak Dan Baliang Bukik Sakato Di Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Warta Pengabdian Andalas 2018, 24, 70-73.