Baca Sastra, Cinta Sastra dan Apresiasi Sastra: Pembentukan Karaktar Anak Indonesia Melalui Sastra Anak Bagi Siswa SD Negeri 16 Kec. Lubuk Begalung, Padang

  • Marliza Yeni Universitas Andalas
  • Novalinda Novalinda Universitas Andalas
  • Gindho Rizano Universitas Andalas

Abstract

Narasi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Ia mempengaruhi pembentukan pengetahuan dan identitas manusia. Oleh karena itu, anak-anak mestinya dipapar pada sebanyak mungkin narasi, dengan harapan mereka akan tumbuh menjadi pribadi dengan nilai moral positif yang mereka pelajari dari narasi yang mereka baca. Artikel ini menyajikan hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertemakan “Baca Sastra Cinta Sastra” yang membawa narasi kehadapan siswa-siswa kelas VI SDN 16 Kec. Lubuk Begalung, Padang. Siswa-siswa tersebut terbukti kurang terekspos pada sastra anak karena sekolah mereka tidak memiliki perpustakaan dan dirumah mereka juga tidak memiliki koleksi buku pribadi. Dari kegiatan ini didapatkan hasil bahwa sebagian besar siswa-siswa tersebut sangat antusias dengan bacaan yang diberikan pada mereka dan mampu memberi respon pada bacaaan tersebut dan menarik nilai moral yang ada dalam narasi yang mereka baca. Namun sayangnya mereka masih belum mampu mereproduksi bacaan dalam bentuk story telling.

 

Kata Kunci:narasi, sastra anak, Grimm Bersaudara, identitas, moral.

Published
2016-09-07
How to Cite
(1)
Yeni, M.; Novalinda, N.; Rizano, G. Baca Sastra, Cinta Sastra Dan Apresiasi Sastra: Pembentukan Karaktar Anak Indonesia Melalui Sastra Anak Bagi Siswa SD Negeri 16 Kec. Lubuk Begalung, Padang. Warta Pengabdian Andalas 2016, 23, 12.