Pelatihan Menulis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru TK Se-Kecamatan Pauh Di Kota Padang

  • Ayendi Ayendi Universitas Andalas
  • Eva Najma Universitas Andalas
  • Novalinda Novalinda Universitas Andalas

Abstract

Tema kegitan pengabdian yang dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2014 ini adalah “Pelatihan Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru TK Se-Kecamatan Pauh di Kota Padang”. Adapun yang melatarbelakangi diadakannya pelatihan ini adalah para guru TK tersebut memiliki pengetahuan yang kurang terhadap bagaimana melakukan penelitian, terutama PTK. Hal ini disebabkan latar belakang pendidikan para guru TK tersebut yang kebanyakan tamatan PGTK Diploma II, dan juga ada yang berasal dari jurusan non- kependidikan. Para guru TK saat sekarang ini dituntut untuk dapat mengembangkan dirinya dan profesional dalam segala hal dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Pengembangan diri ini dapat dilihat dari portofolio yang mereka miliki, disamping sertifikat pelatihan juga adalah laporan penelitian yang dipublikasikan maupun tidak dipublikasikan. PTK itu sendiri adalah suatu bentuk penelitian reflektif diri sendiri yang memiliki siklus yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi, dan Refleksi. Metode pelatihan yang diterapkan adalah melalui presentasi, diskusi dan tanya jawab. Peserta yang hadir terdiri dari 44 orang guru TK yang berasal dari 12 sekolah TK yang ada di Kecamatan Pauh kota Padang. Hasil dari pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman para guru TK se-Kecamatan Pauh tentang apa itu PTK, bagaimana melakukannya, dan bagaimana membuat laporan/makalahnya.

Published
2016-03-08
How to Cite
(1)
Ayendi, A.; Najma, E.; Novalinda, N. Pelatihan Menulis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru TK Se-Kecamatan Pauh Di Kota Padang. Warta Pengabdian Andalas 2016, 23, 19.