Ipteks Bagi Masyarakat Upaya Peningkatan Produksi Ubi Kayu Organik Di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

  • Warnita Warnita Universitas Andalas
  • Nalwida Rozen Universitas Andalas
  • Aisman Aisman Universitas Andalas

Abstract

Pengabdian Masyarakat telah dilaksanakan di Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Judul dari kegiatan IbM ini adalah IbM Upaya Peningkatan Produksi Ubi Kayu Organik di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Hasil observasi dari lokasi kegiatan menunjukkan bahwa disana cocok untuk diperkenalkan budidaya ubi kayu organik dengan menggunakan pupuk kompos yang menggunakan bioaktivator Trichoderma harzianum dan EM-4. Petani menggunakan pupuk kandang sapi atau pupuk kandang kambing dan ayam untuk pupuk ubi kayu mereka. Meskipun ada yang membuat kompos sendiri tetapi masih dilakukan secara konvensional.

Pada kegiatan IbM ini diperkenalkan cara pembuatan kompos menggunakan bioaktivator dengan bahan bakunya bisa diperoleh dari lingkungan petani sendiri. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan masyarakat khususnya petani menjadi tertarik. Dalam pelaksanaan kegiatan ini ditemui beberapa kendala yang menghambat digalakkannya pembuatan kompos ini, diantaranya saat pelatihan di lokasi ini sulit mendapatkan jerami padi. Juga adanya keengganan petani dalam mengumpulkan bahan baku atau sampah yang berasal dari lingkungan atau kebun sendiri. Faktor pendukung adalah kelompok tani tertarik untuk membuat bersama-sama dan pemberian kompos budidaya ubi kayu sangat cocok karena tanah telah jenuh dengan pupuk anorganik dan menjadi padat.

Published
2018-07-11
How to Cite
(1)
Warnita, W.; Rozen, N.; Aisman, A. Ipteks Bagi Masyarakat Upaya Peningkatan Produksi Ubi Kayu Organik Di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Warta Pengabdian Andalas 2018, 24, 23-33.